Telaahan Visi, Misi, dan Program Gubernur dan Wakil Gubernur

Visi Gubernur dan Wakil Gubernur dalam RPJMD 2018-2023 adalah NTT Bangkit Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari Visi tersebut mengandung makna, yakni:

  1. Bangkit, mencerminkan suatu tekad yang bulat untuk menggugah semangat seluru masyarakat NTT untuk memanfaatkan semua potensi yang dimiliki baik semangat restorasi maupun semangat bekerja keras mengejar ketertinggalan NTT dalam berbagai dimensi pembangunan melalu peningkatan IPM dan dikaitkan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing.
  2. Sejahtera, mencerminkan keterwakilan agenda pembangunan (pendidkan, kesehatan, ekonomi, perempuan, anak dan pemuda) serta pembangunan ekonomi dan pariwisata, infrastruktur, tata ruang dan lingkungan hidup, kelauatan dan perikanan dengan indikator yang terukur.
  3. Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebagai provinsi terdepan di Selatan Indonesia maka seluruh rakyat Nusa Tenggara Timur dengan tekad yang bulat dan komitmen yang tinggi untuk tetap menjaga keutuhan, kedaulatan, kehormatan dan martabat bangsa Indonesia.

Dalam rangka pencapaian visi diatas, misi pembangunan jangka menengah RPJMD adalah sebagai berikut:

1. Mewujudkan masyarakat sejahtera, mandiri dan adil

Misi ini merupakan kerangka acuan bagi misi lainnya yaitu melakukan kegiatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT dengan prinsip inklusif yang melibatkan semua stakeholder dan dengan pendekatan berkelanjutan yang merujuk pada 4 pilar pembangunan yaitu keberlanjutan dalam aspek ekonomi, aspek social, aspek lingkungan dan aspek kelembagaan.

2. Membangun NTT sebagai salah satu gerbang dan pusat pengembangan pariwisata nasional (Ring of Beauty).

Sektor pariwisaata saat ini merupakan sektor unggulan, karena itu misi ini diarahkan pada optimalisasi pemanfaatannya dalam rangka pengembangan pariwisata dengan pendekatan kewilayahan melalui torism estate sebagai penggerak utama (prime mover) ekonomi NTT serta letak geografis yang strategis memungkinkan NTT menjadi salah satu gerbang dan pusat pariwisata nasional.

3. Meningkatkan ketersediaan dan kualitas Infrastruktur untuk mempercepat pembangunan.

Misi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta nilai manfaat infrastruktur secara adil dan merata untuk mendukung berbagai aktifitas pelayanan publik dan kelancaran berbagai aktifitas sosial ekonomi serta meningkatkan aksesibilitas ke daerah-daerah perbatasan , daerah terluar, kepulauan dan terisolir.

4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Misi ini dimaksudkan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang cerdas, trampil dan berdaya saing tinggi agar mampu berpatisipasi dalam proses dan percepatan pembangunan di berbagai bidang.

5. Mewujudkan reformasi birokrasi pemerintahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Misi ini dimaksudkan untuk memperkuat reformasi birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang eefektif, bersih, jujur, transparan dan akuntabel yang didukung oleh sumber daya aparatur yang professional dan sistem kelembagaan yang efisien. Birokrasi dan aparat diharapkan (dituntut) bekerja dengan lebih professional dan berorientasi pada hasil serta memberikan manfaat bagi pembangunan dan masyarakat NTT.

 

Pembangunan sektor perhubungan (darat, perkeretaapian, laut dan udara) di Provinsi Nusa Tenggara Timur ke depannya, diarahkan untuk mendukung pencapaian Visi dan Misi Kepla Daerah dalam RPJMD Perubahan Provinsi NTT Tahun 2018 - 2023. Misi yang terkait dengan tugas dan fungsi Dinas Perhubungan Provinsi NTT, yaitu Misi Ketiga : Meningkatkan ketersediaan dan kualitas Infrastruktur untuk mempercepat pembangunan, dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta nilai manfaat infrastruktur secara adil dan merata untuk mendukung berbagai aktivitas pelayanan publik dan kelancaran berbagai aktivitas sosial ekonomi serta meningkatkan aksesibilitas ke daerah-daerah perbatasan, daerah terluar, kepulauan dan terisolir.

Go to top
Our website is protected by DMC Firewall!