Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi NTT Tahun 2016 Featured

Kupang – Kegiatan Pemilihan Abdi Yasa Teladan / Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2016 diselenggarakan di Hotel Nakka pada Tanggal 3 s/d 5 Agustus 2016 dengan Tema : “Budaya Tertib Berlalu Lintas Cermin Perilaku Awak Kendaraan Umum Teladan yang Mengutamakan Keselamatan sebagai Kebutuhan”. Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian, Bapak Martianus P. O. Tausbele, S.Pd, M.Pd.

Kegiatan Pemilihan Abdi Yasa dilaksanakan dalam rangka upaya Pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk menempatkan profesi awak kendaraan angkutan umum sejajar dengan profesi lainnya melalui pemberian penghargaan kepada para awak kendaraan angkutan umum yang telah ikut berperan serta dalam meningkatkan keselamatan dan pelayanan jasa angkutan umum yang optimal di jalan. Data menunjukkan, penyebab terjadinya kecelakaan sebagian besar adalah human error sehingga perlu adanya peningkatan kompetensi pengemudi untuk meningkatkan keselamatan transportasi jalan.

Maksud kegiatan :

  1. Untuk mendudukan Insan Awak Kendaraan Umum sejajar dengan insane pembangunan lainnya dengan cara meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesinya.
  2. Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan penyelenggaraan Abdi Yasa dimaksudkan untuk membangun sikap dan perilaku dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas jalan sebagai wujud aktualitas dari Undang-Undang tersebut.

Tujuan kegiatan :

  1. Dapat merubah pola pikir dan sudut pandang tentang diri dan profesinya sebagai awak kendaraan angkutan umum sehingga mendorong dirinya untuk percaya diri dan merasa dihargai, dengan demikian dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan diri, penumpang dan pemakai jalan lainnya.
  2. Dapat merubah sikap dan perilaku pengemudi menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab sekaligus mempersiapkan Awak Kendaraan Angkutan Umum yang professional dan berkualitas, sehingga mewujudkan pelayanan jasa angkutan umum yang baik.
  3. Untuk mendorong terwujudnya penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas, kejadian kecelakaan dan tingkat fatalitas akibat kecelakaan terutama yang disebabkan oleh faktor pengemudi.

Materi disampaikan oleh Pejabat dan Instruktur baik dari Pemerintah Provinsi NTT maupun Pejabat Instansi terkait guna menambah pengetahuan dan ketrampilan para peserta. Materi disampaikan oleh :

  1. Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur;
  2. Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur;
  3. Jasa Raharja Cabang Kupang;
  4. Instruktur Polda NTT dan Pramuka.

Kegiatan ini diikuti oleh 27 orang yang berprofesi sebagai pengemudi angkutan umum dari 7 Kabupaten/Kota di Provinsi NTT. Kegiatan ini juga menghasilkan peringkatan kemampuan pengemudi sebagai berikut :

Peringkat 1 atas nama Kaleb John Onko, peserta dari Kabupaten Alor

Peringkat 2 atas nama Indra Ahmad Yunus, peserta dari Kabupaten Ende

Peringkat 3 atas nama Siprianus D. L. Djanji, peserta dari Kabupaten Sumba Timur

Peringkat 1 dan 2 akan mewakili Provinsi NTT dalam Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Nasional Tahun 2016 yang rencananya akan diselenggarakan di Bogor - Jawa Barat pada Tanggal 13 s/d 19 September 2016.

Sumber : Dinas Perhubungan Provinsi NTT

Last modified on Wednesday, 07 September 2016 07:46

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Go to top